Jakarta – Kesabaran Simone Zaza berbuah manis. Setelah didepak sana-sini oleh banyak klub, ia kini menjadi striker top di La Liga, bersaing dengan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Zaza tengah on fire bersama Valencia musim ini. Ia mengantar Los Che belum terkalahkan di liga, dengan berada di posisi dua (30 poin), tertinggal empat angka dari The Catalans.

Penampilan Zaza musim ini cukup mengejutkan, tapi bisa dimaklumi mengingat pengalamannya dalam beberapa tahun terakhir. Ia dibuang oleh beraneka klub.

Zaza memulai karier senior sejak 2008 atau ketika usianya baru menginjak 17 tahun. Atalanta menjadi klub pertamanya, tapi hingga 2010 ia cuma diberi kesempatan bermain tiga kali. Ia pun hengkang ke Sampdoria.

Di Il Samp, karier Zaza tak kunjung membaik, bahkan lebih buruk lantaran cuma bermain dua kali. Ia pun hijrah pada 2011 dengan dipinjamkan ke tiga klub Serie B hingga 2013.

Usai masa peminjamannya habis, ia langsung diboyong Juventus dari Sampdoria. Namun lagi-lagi ia tak kebagian tempat lantaran di lini depan Bianconeri saat itu sudah ada Carlos Tevez, Mirko Vucinic, dan Sebastian Giovinco, ia pun dilepas ke Sassuolo dengan status kepemilikan bersama.

Simone Zaza dalam seragam West Ham UnitedSimone Zaza dalam seragam West Ham United Foto: Clive Rose/Getty Images

Dua musim berseragam Sassuolo, ia mencetak 20 gol di Serie A yang membuat Juventus membelinya lagi pada musim 2015/2016. Tapi lagi-lagi tak menjadi starter, ia dipinjamkan ke West Ham United. Di Inggris, ia tak mencetak satu gol pun dari delapan pertandingan di Premier League.

Pada musim 2016/2017, untuk kesekian kalinya Zaza dipinjamkan, dengan kali ini adalah ke Valencia. Di musim pertamanya berkarier di Spanyol, enam gol ia lesakkan dari 20 penampilan. Musim ini, Zaza pun resmi diikat permanen Valencia dengan transfer mencapai 16 juta euro plus bonus 2 juta euro.

Pengalaman ‘dibuang’ beraneka klub kini membuat Zaza menjadi striker yang disegani di La Liga. Striker asal Italia itupun bisa menjadi pesaing Messi dan Ronaldo dalam urusan merobek gawang lawan di Spanyol.

Sejauh ini, Zaza sudah mencetak sembilan gol dari 11 penampilan, cuma tumbang tiga gol dari Messi. Adapun Ronaldo sedang seret gol di liga lantaran baru sekali mencetak gol.

Kans Zaza membuktikan dirinya tak tumbang dari Messi datang saat Valencia menjamu The Catalans di Mestalla di jornada ke-13, Senin (27/11/2017) dini hari WIB. So, sudah siap lihat aksi Zaza?

(yna/din)


NO COMMENTS