Dortmund – Borussia Dortmund sudah tersingkir dari Liga Champions usai dipermalukan Tottenham Hotspur. Nasib Peter Bosz dikabarkan bergantung pada hasil akhir pekan ini.

Bermain di depan publik sendiri, Dortmund ditekuk Tottenham 1-2 dalam laga di Signal Iduna Park, Rabu (22/11) dinihari WIB. Die Borussen sempat unggul lebih dulu lewat gol Pierre-Emerick Aubameyang. Namun Spurs membalikkan kedudukan setelah mencetak dua gol balasan lewat Harry Kane dan Son Heung-min.

Kekalahan itu memastikan Dortmund terhenti sampai fase grup. Akan tetapi, Aubameyang cs masih bisa bermain di Eropa dengan ‘turun kasta’ ke Liga Europa apabila finis ketiga Grup H.

Lebih lanjut, hasil mengecewakan ini menyertai rangkaian tren tidak memuaskan Dortmund. Si Kuning-Hitam hanya unggul dua kali di seluruh kompetisi dalam 10 pertandingan terakhir di semua kompetisi.

Di Bundesliga sendiri, Dortmund mesti kehilangan singgasana klasemen dan tidak pernah unggul dalam lima pertandingan terakhirnya termasuk meraih empat kekalahan. Kabarnya, kursi pelatih Bosz dipertaruhkan dalam laga derby Ruhr melawan Schalke, Sabtu (25/11).

Bosz mengungkapkan bahwa kekalahan di tangan Spurs tidak lepas dari krisis kepercayaan diri yang dialami timnya. Kemenangan Schalke atas akan menambah suntikan moral.

“Saya tidak akan mengatakan demikian, tapi saya paham betul bahwa sebagai pelatih Dortmund Anda perlu meraih banyak kemenangan dan tekanannya semakin besar ketika Anda gagal,” ungkap pelatih Dortmund ini di ESPNFC.

“Sudah jelas, pertandingan derby sangat penting dalam terkait hal itu,” sambung Bosz.

“Saya pikir laga derby mungkin menjadi hal terbaik yang bisa terjadi pada kami saat ini. Mungkin kami tidak memerlukan seorang psikolog (untuk membangun kepercayaan diri), tapi pertandingan yang akan melakukannya.”

Dortmund melorot ke posisi kelima klasemen sementara dengan mengantongi 20 poin dari 12 pertandingan. Dortmund tertinggal sembilan poin dari musuh terberatnya, Bayern Munich di puncak.

()


NO COMMENTS